Pages

pregnancy calendar
Subscribe:

Labels

Tuesday, July 31, 2012

Konseling ASI

RSIA saya ini sangat pro ASI, sangat mendorong Sang Ibu agar mau memberikan ASI eksklusif. Nah, salahsatu agenda mereka agar bisa ASIX (baca: ASI eksklusif) adalah mengikuti Konseling ASI. Dokter saya sejak UK 30 minggu selalu menagih, sudah atau belum ikut konseling dan saya serta suami baru mengikutinya saat UK 35 minggu :D 

Konselor ASInya adalah bidan senior di RS tersebut, kami diajarkan secara bertahap mulai dari tentang kehamilan (persiapan mental dan gizi), menjelang dan saat persalinan serta setelah kelahiran- mulai dari apa dan bagaimana itu IMD (Inisiasi Menyusui Dini), cara menyusui yang benar, membersihkan payudara, asupan makanan, menyimpan ASI perahan, membangun tekad agar tidak tergoda sufor, keyakinan diri bahwa Ibu dapat memberikan ASI, dll. Ya, ternyata keberhasilan menyusui dengan ASI berawal dan selalu datang dari tekad dan keyakinan orangtua sang bayi :). Salahsatu fakta tentang menyusui dan bayi adalah bahwa bayi yang baru lahir (new born) dapat bertahan tanpa minum selama 72 jam karena mereka masih membawa sisa-sisa nutrisi dari rahim. New born ini juga tidak memerlukan air susu yang banyak karena lambungnya masih sebesar kelereng. Jadi, para Ibu yang ASInya langsung keluar atau keluar tetapi sedikit jangan khawatir! susui saja sesering mungkin walau belum keluar karena nanti tubuh kita otomatis akan menyesuaikan. Jangan terburu-buru memberikan Susu Formula karena seperti kata Bidan kami, semua sudah disiapkan Tuhan :)

Agak menyesal juga sih, agak terlambat mengikuti konseling ini karena kontennya bagus tidak hanya tentang menyusui tetapi berbagai hal seputar kehamilan dan pasca melahirkan. Konseling kami berjalan sekitar 1 jam 15 menit, seharusnya sih 1.5 - 2 jam tetapi karena saya harus mengikuti senam hamil jadi ya agak cepat-cepat. Selama mengikuti konseling, suami saya terlihat antusias, dia mencatat informasi yang penting dari konselor. Setelah selesai pun, suami saya bergegas mencari peralatan pendukung ASI seperti botol penyimpanan ASI, breastpump dan lain-lain. Senang sih karena merasa suami mendukung agar saya lancar memberikan ASIX. Semoga semua lancar dan saya serta suami bisa mengatasi "gangguan" dalam memberikan ASIX. Suamiku, Ayah ASI! yay semoga hihihi

Hari ini adalah hari terakhir bulan Juli dan esok memasuki awal Agustus. HPL saya adalah pertengahan Agustus, bersiap-siap untuk proses melahirkan dan pasca kelahiran :)

0 comments:

Post a Comment

Silakan merespon tulisan saya :)