Pages

pregnancy calendar
Subscribe:

Labels

Tuesday, July 3, 2012

Susu Ibu Hamil. Perlu kah?

image source berryblog.net
Coba kita membuat daftar merk susu bumil (ibu hamil) yang kita tahu, baik dari kerabat, rekan sejawat atau pun media, pasti banyak bukan? Dengan beragam "kelebihan" zat super bagi si ibu dan si bayi. IMHO, saat kita melihat iklan-iklan tsb ada pesan tersirat "jika mau bayinya cerdas, sehat, normal maka minum lah susu ini!wajib" .Kalau tidak minum susu bumil, takut kekurangan gizi atau tidak sehat. Nah, apa iya begitu faktanya?

Saya dulu termasuk orang yang percaya akan "keajaiban" susu bumil bahkan susu bagi orang yang ingin hamil. Ketika hamil pertama, Alhamdulillah bertemu Dokter Kandungan yang punya prinsip back to nature , Beliau menjelaskan apa itu susu bubuk. Saya ditanya, minum susu apa kemudian saya jawab susu merk X (khusus bumil). Kemudian,beliau menyarankan agar saya minum susu cair saja,UHT atau Pasteurisasi,  pokoknya steril.Susu bubuk itu sudah hilang zat mineral dan vitamin alaminya akibat proses pembuatan, jadi isinya hanya gula dan bahan-bahan kimia tambahan. Bagaimana dengan asam folat, kalsium, zat besi, DHA dll? Jangan khawatir, susu cair juga punya itu semua dan itu semua bisa kita dapatkan di sayur-mayur, lauk dan buah lho! bagi yang ingin hamil,nggak usah repot-repot minum susu khusus apalagi kalau tidak suka susu. Makan saja ikan tuna, telur, alpukat, kacang hijau, dll yang mengandung protein dan asam folat tinggi. 

Jadi, asalkan kita mau rajin dan repot sedikit dalam mencari informasi, menjadi konsumen yang cerdas dan mau repot serta agak ribet mengolah bahan pangan, kita bisa mendapatkan lebih daripada yang ditawarkan produsen. 

Beberapa komunitas ibu hamil & menyusui yang saya ikuti juga sudah banyak menyoroti soal akal-akalan produsen susu, baik dari susu bumil - menyusui dan formula. Saya punya pengalaman soal ini, teman saya sesama bumil bertanya susu apa yang saya minum? Saya jawab,UHT merk U**** dan bisa ditebak! Dia tertawa meremehkan saya, yah itu sih susu anak-anak, bumil koq minum susu gituan, kalau susu bumil dengan susu itu kayak obat maag dan obat migren. beda!kan ada DHA, AA,folat.......
Hmm, saya sih hanya senyum kecut saja,mencoba memaklumi keterbatasan informasi dia walau sebal sekali hehehe.

Alhamdulillah sekali lagi, dokter2 kandungan di RSIA saya ini lebih senang menyarankan konsumsi yang alami-alami. kesimpulannya, bagi saya pribadi susu khusus ibu hamil itu tidak wajib dan tidak perlu! Karena sama saja bahkan tidak lebih baik dari susu cair pada umumnya. Bahkan, susu itu ga wajib lho selama kita yakin yang dikonsumsi itu mengandung cukup kalsium contohnya ikan teri,belut adalah makanan tinggi kalsium. 

Salam :)

0 comments:

Post a Comment

Silakan merespon tulisan saya :)