Pages

pregnancy calendar
Subscribe:

Labels

Sunday, July 8, 2012

Perjalanan Junior Bag.5

Sudah lama rupanya saya tidak membuat Perjalanan si Junior :) . Terakhir kali bulan April ya

Minggu ini usia Junior sudah 34 minggu sekian hari, terakhir kami kontrol kandungan hari Jum'at lalu, 8 Juli 2012. Sebenarnya banyak sekali kisah menuju ke 34 minggu ini. Di usia sekitar 28 minggu, kami melakukan USG 4 D -suami melihat Junior sedang menguap ,subhanallah lucunya ya dan kami melihat dia menghisap jari kemudian mengucek mata- nah saat USG itu kehamilanku divonis oleh dokter bahwa air ketuban dan berat janin kurang mencukupi. Kemungkinan plasenta kurang bagus. Wah, saat itu stres juga, kasian Junior :,( dan berbagai cara kami lakukan untuk menambah air ketuban serta beratnya. Anjuran dokter, setiap hari minum air kelapa, jus aneka buah, kacang hijau, susu protein tinggi masing-masing 2 gelas. Sekitar 3 minggu berat junior hanya bertambah 100gram. Kami masih melanjutkan usaha disertai dengan do'a, sugesti diri bahwa semuanya baik-baik saja. Junior sehat, sempurna dan montok :D


Saya akan bahas sedikit mengenai yang saya konsumsi. Kacang hijau, telur ayam kampung rebus mengandung protein yang tinggi. Saya juga dianjurkan minum susu untuk manula karena berprotein tinggi. Sedangkan untuk jus buah, air kelapa muda mengandung banyak mineral, elektrolit alami. Semuanya itu sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan sel-sel baru manusia dalam hal ini, janin. 
Yang jelas, tidak boleh minum minuman kemasan walaupun itu katanya jus asli karena dapat mengganggu volume air ketuban, plasenta dan aliran darah. 

Pada usia 32 minggu, berat junior sekitar 1.7kg, agak kecewa sih karena saya pikir sudah mencapai 2kg tetapi dokter bilang normal. Kami terus melanjutkan usaha yang dokter anjurkan dan saat itu saya mulai mudah lelah, kaki dan telapak sering pegal, muntah-muntah (lagi) wah nggak karuan deh rasanya. Tepat 2 minggu kemudian, 34 minggu, kami kontrol lagi dengan harap-harap cemas berapa berat Junior ya. Alhamdulillah beratnya naik drastis, menjadi 2,4kg! Subhanallah :) saya takjub. Entah apa yang membuat dia drastis kenaikannya tetapi kami sangat bersyukur. Segala tantangan terobati dengan berat badan junior yang bagus. 

6 Minggu lagi insyaAllah, kita bertemu ya Nak. InsyaAllah, semoga Allah SWT meridhoi perjalanan kita selama ini...

Sejak usia 30 minggu saya juga mulai mengikuti kelas senam hamil, usia yang tepat jika pernah memiliki riwayat keguguran sebelumnya. Salah satu ikhtiar agar bisa belajar melahirkan secara normal.Saya Senang sih mengikuti senam hamil, bisa sharing, punya kenalan baru, dapat ilmu baru dan dapat bonus jus di setiap akhir sesi hehehe. Sabtu depan saya dan suami juga mendaftarkan diri di kelas Laktasi, dokter sudah berkali-kali mengingatkan kapan ikut kelas laktasi karena hal ini membantu untuk ASI ekslusif. 


4 comments:

Anonymous said...

masih bisa melahirkan normal ndak?

Anonymous said...

masih bisa melahirkan dengan normal ndak? terus kondisi bayi gmn?

Estrella is Me said...

alhamdulillah, saya melahirkan normal di usia kehamilan 37minggu ahir. Belum genap bgt 9 bulan. BB 2.75kg, TB 44cm kecil yah hehe tp sehat. Skrg udah 8bln. BBnya udah 9kg dan TB 72cm,montok

Anonymous said...

si baby cowok apa cewek? kebetulan saya juga divonis ketuban sedikit n berat janin kurang pas usia hamil 30 minggu. browsing2 ketemu "perjalanan junior" ini. alhamdulillah 34 minggu sdh 2,4 kg. kata dokter ketuban sedikit tp tidak mengkhawatirkan spt dulu. terima kasih tipsnya, dan sy mohon doanya supaya lancar :)

Post a Comment

Silakan merespon tulisan saya :)