Pages

pregnancy calendar
Subscribe:

Labels

Monday, December 17, 2012

RUM = Anti Medis ?

http://ymcaathol.com/wp-content/uploads/2012/05/pic15-300x225.jpg
Sejatinya RUM (Rational Use of Medicine) itu mengajak kita (sebagai individu,orangtua atau pun tenakes) untuk lebih bijak dalam mengobati diri/anak.Gak mudah makan/minum obat hanya karena sakit ringan apalagi antibiotik tp cukup dirawat secara alami. Tapi sekarang jadi melenceng, malah muncul ekstrimis, antivaksin,antiobat bahkan antidokter. Mencari dokter yang pro RUM memang tidak mudah, dan menjadi orangtua yang memahami RUM juga tidak mudah but it's our responsibility as a parents. Saya pun masih belajar,memahami RUM, sejauh apa saya bisa melakukan home treatment jika Arya sakit. 
Arya sempat agak sulit bernafas di malam hari karena ngrok2, saya coba dengan berjemur serta terapi uap ruang beberapa kali. Cukup membantu., lendir juga sempat keluar dari hidungnya. Suatu ketika Arya ternyata kena batpil, awalnya saya lakukan home treatment seperti sebelumnya tapi ternyata tetap sesak nafas. ok, saya putuskan ke dokter karena tidak tega.Kalau Arya muntah secara alami sih saya lebih lega, karena membantu mengeluarkan lendir.

Dokter jaga memberi obat flu dan batuk, tapi saya hanya memberi obat flu saja karena butuh untuk lendirnya, itu juga hanya 3x, Arya tidak demam/rewel jadi tidak perlu over treatment. Untuk batuknya, saya tidak beri obat, karena frekuensi batuk Arya Jarang dan tidak mengganggu. lagipula WHO kurang menyarankan obat batuk untuk bayi&anak-anak jika hanya batuk biasa (tetap perlu diagnosa ya untuk tahu batuk biasa atau tidak) karena batuk kan respon alami tubuh. Saya tetap rutin terapi uap ruang, jemur, ngASI persering, banyak istirahat.  Jangan lupa, Observasi observasi dan observasi! Nah, kadangkala hometreatment bisa jadi overtreatment, saat anak butuh dokter , ortu kekeuh ga mau. Hati-hati! jangan sampai anak sudah terlanjur kronis tetapi kita terlambat menangani 

Nah, ada juga ortu ,tenakes yang sakit ringan maunya cepat sembuh, dipakailah antibiotik! Batpil, radang,demam langsung hajar antibiotik walau belum tentu sakitnya karena bakteri. Tahu kalau bakteri/virus? berarti butuh cek lab kan. Kita sebagai pasien punya hak koq untuk meminta cek lab dan penjelasan detail. Perlu diingat, virus cuma bisa mati lewat kekebalan dan tubuh yang fit, tidak bisa pakai antibiotik! Antibiotik bukan obat 'dewa'. Tapi, semua pilihan dan gaya anda dalam parenting adalah keputusan anda, yang mengenal anak anda ya anda sendiri. Sesuaikan dengan apa yang dibutuhkan si kecil :).

0 comments:

Post a Comment

Silakan merespon tulisan saya :)