Pages

pregnancy calendar
Subscribe:

Labels

Tuesday, April 17, 2012

Memilih Tempat Melahirkan

Image Source: news.eastvillagers.org
Bagi saya dan suami, salahsatu faktor yang penting selama kehamilan sampai dengan proses melahirkan adalah Rumah Sakit (RS) beserta pelayanannya, mulai dari staf, suster/bidan dan para Dokter. Kami sendiri sudah beberapa kali "mengenal" RS, jadi kami bisa membandingkan mana RS yang baik dan kurang memuaskan (menurut kami) baik dari segi pelayanan secara keseluruhan maupun secara biaya :D . 

Masing-masing pasti ada kekurangan dan kelebihannya dan kami memilih RS yang bisa kami toleransi kekurangannya.

Kehamilan ini dan sebelumnya, kami selalu kontrol ke RSIA yang sama. Dekat dengan rumah, hanya 5 menit naik kendaraan dan kebetulan kami cocok dengan Dokter2 di sana. Salahsatu RS yang menurut kami cocok juga ada di daerah Jakarta Pusat, tetapi berhubung jauh sekitar 1-1.5 jam kondisi jalan tidak macet, jadi ya tidak mungkinlah.

Saat ini UK saya memang "baru" 5 bulan, masih separuh perjalanan tetapi kami sudah mulai menyiapkan rencana kelahiran sejak dini karena ini insyaAllah akan menjadi anak pertama kami dan ini adalah proses pertama saya dalam melahirkan jadi kami ingin menyiapkan dengan baik dan sesuai dengan budget kami yang terbatas hehehe.Belakangan ini, kami disibukkan dengan kemungkinan memilih RS baru untuk melahirkan karena asuransi yang baru tidak mencakup RSIA tempat saya biasa kontrol, padahal kami sudah cocok dengan RSIA ini.

Saya sendiri memiliki semacam Birth Plan , kira-kira poin yang saya inginkan untuk proses melahirkan dan perawatan post natal. Antara lain:
1. RS dan tenaga medis familiar dengan IMD
2. Rooming In - perawatan gabung 24 jam Ibu & Anak
3. Boleh ditunggui suami saat melahirkan normal
4. Pro ASI ekslusif
5.Boleh ditunggui suami/salahsatu anggota keluarga selama perawatan post natal
6. Perkiraan biaya melahirkan normal dan SC
7. Jumlah tempat tidur per Kamar dan kondisi kamar perawatan-kami sih inginnya kamar perawatan tsb punya sofa untuk tempat tidur penunggu. Kasian kalau suami saya harus duduk dikursi berhari-hari menunggui Istri & Anaknya.

Hari minggu lalu, 15 April 2012, kami melakukan survei pertama ke salahsatu RS terdekat dengan rumah walau sebenernya tidak dekat juga. Setelah kami tanya ini itu dengan staf dan bagian keperawatan kesimpulannya adalah suami tidak sreg karena staf RS kurang bisa menjelaskan kondisi dan ketentuan di RS tsb, saya juga kurang sreg karena untuk Rooming In tidak bisa untuk semua kamar dan mereka kurang familiar dengan IMD. Ya setelah kami diskusikan kembali dengan berbagai pertimbangan, untuk sementara kami akan tetap kontrol dan berencana melahirkan di RSIA langganan entah nanti akan ditanggung Asuransi atau tidak, saat ini rencananya tetap di sana.Ada satu lagi RS yang belum kami survei, InsyaAllah jika ada waktu kami akan ke sana juga sebagai perbandingan.

Itu semua adalah rencana kami, entah akan seperti itu atau tidak, wallahu'alam :)

 





0 comments:

Post a Comment

Silakan merespon tulisan saya :)