Pages

pregnancy calendar
Subscribe:

Labels

Monday, April 9, 2012

Perjalanan Junior Bag.2

Seperti cerita-cerita mengenai awal kehamilan atau trimester pertama, umumnya adalah mengenai morning sickness (mual/muntah khususnya di pagi hari) dan ngidam di trimester pertama kehamilan. 

Saat kehamilan sebelumnya, saya sukses melewati itu semua. Saya selalu berpikir, itu bisa dilalui dengan sugesti diri koq, tidak usah terlalu picky atau manja dan ngidam itu tidak ada, apalagi sampai meminta yang aneh-aneh di waktu yang aneh pula :D .Hal ini dipengaruhi oleh Dosen Psikologi Kepribadian dan Psikodiagnostik saat saya kuliah, Beliau mengatakan bahwa proses ngidam (meminta macam-macam dan kadang aneh) itu hanya psikologis calon Ibu. Semenjak saat itu saya bertekad, Nggak pake ngidam termasuk Nggak pake muntah! dan Ya! Saya tidak muntah, mual pun sedikit saja. Tidak sensitif terhadap bebauan atau makanan apapun. Untuk makanan, saya tidak picky. Sayur-mayur, susu, buah-buahan dan semua makanan yang sehat dan alami sukses saya lahap dan selama hamil itu tubuh saya juga sehat-sehat saja, yah walaupun takdir berkata lain karena saya harus keguguran.

Bagaimana dengan kehamilan yang sekarang? 
Saya juga bertekad demikian, sugesti diri agar sehat dan lancar seperti sebelumnya. Namun, takdir (lagi-lagi) berkata lain! Saya tumbang hehehe mungkin saya kena batunya kali yah. Morning Sickness bukan sekadar mual/muntah di pagi hari, saat malam pun saya terkadang muntah. Muntah berkali-kali yang saya alami, luar biasa hebat sampai membuat saya sakit kepala atau lemas tidak karuan.Beberapa bau masakan juga membuat saya mual dan muntah. Tetapi, saya sangat suka bau suami.Selalu! hehehehe
Saya sedih, cemas dan galau. Bagaimana tidak, saat hamil sebelumnya dengan pola hidup yang sangat sehat saja saya bisa keguguran apalagi sekarang.Kondisi saya saat trimester awal: 

1. Jarang sekali makan buah - kalau pun saya mau itu terbatas,contohnya manggis dan anggur. Kalau makan manggis, bisa sampai hampir 2kg sendirian lho :D , Untuk buah saya bisa akali dengan membeli sup buah, walau tidak bisa setiap hari juga sih.
2. Tidak bisa minum air putih karena pasti muntah - padahal saya dehidrasi, tetapi saya akali dengan minum susu UHT. Saya beruntung masih bisa minum susu, setidaknya ada cairan masuk dan seminggu sekali saya minum air kelapa muda untuk pengganti cairan tubuh.
3. Tidak mau makan sayur-mayur, ikan, telur. Padahal saya penggila ikan dan saat hamil sebelumnya, saya rutin makan telur rebus 2x sehari. Saya cuma bernafsu jika makan masakan Padang, daging-dagingan dan tempe dan nafsu makan pun menurun . Sedih sekali kan...

3 bulan saya sukses tumbang dan menghabiskan waktu di tempat tidur, lemes banget. Ketika ibu hamil lainnya menggemuk saya malah langsing, turun 1kg.

Ketika saya dan suami kontrol kehamilan, saya sangat cemas. Cemas janin tidak berkembang dan saat masuk ke ruang Obgyn, adalah saat-saat yang mendebarkan dan bikin stres!
7 Februari 2012. Saatnya USG! dag-dig-dug tidak karuan sampai mules sendiri. lebay ya? hehehe. Saat Obgynku melakukan USG, Ya Tuhan...saya ingin menangis rasanya. Junior kami sudah berbentuk! Subhanallah. Ya, saat itu UK 11weeks 2days, dengan Size 45.4mm. Saya melihat jari-jari tangan mungilnya bergerak pelan. Saya benar-benar tidak menyangka, dengan keterbatasan asupan gizi dan kondisi Ibunya dia mampu bertahan dan berkembang, Alhamdulillah. 

11weeks fetus. source:www.pregnancysymptomsweekbyweek.org
Kecemasan dan perasaan tertekan seketika itu juga menghilang, dan saya keluar dari Ruang Obgyn dengan senyum merekah :D .Saya juga disemangati oleh teman saya, sesama Bumil. Menurut Obgyn-nya, nggak perlu cemas berlebihan semakin mual semakin baik karena pertanda hormon-hormon kehamilannya semakin banyak dan itu bagus untuk janin :) .

Ya, baiklah kalau untuk mual-muntah-sensitif itu memang tidak semua berasal dari sugesti diri, tetapi untuk Ngidam hmm saya sendiri tidak mau bilang bahwa saya ngidam karena memang tidak pernah meminta yang aneh-aneh dan menyusahkan tapi saya suka sekali jajan ini itu, bukan karena hamil dan ngidam ya! sebelum hamil juga begitu koq, doyan jajan makanan hehehe karena saya masih belum memahami definisi ngidam yang sebenarnya itu apa :)


0 comments:

Post a Comment

Silakan merespon tulisan saya :)